-->

Serunya Mengamati Sel Epidermis Tumbuhan Saat Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pamotan

Kamis 14 September 2023, tampak barisan kelompok siswa sedang praktik melakukan pengamatan dengan alat bantu mikroskop. "Lapisan sel daun jagung siapa yang sudah ketemu," tanya seorang guru di ruang lab tersebut dengan lantang. Beliau adalah Ibu Sukatri, S.Pd pengampu guru Biologi di Kelas XI Tiga SMA Negeri 1 Pamotan. 

Pagi itu tampak guru Biologi mendampingi pengamatan sel tumbuhan. "Mana, lha ini kan satu sel, dua sel, tiga sel," jawab Sukatri saat siswa bertanya. Menurut Sukatri, pembelajaran kali ini bertujuan agar siswa mengetahui bagian-bagian sel tumbuhan, ada dinding sel, sitoplasma, dan ada inti sel. 

Bawang merah, daun jagung, dan batang ketela pohon tampak berserak di meja praktik. Tiap-tiap kelompok tampak bekerja sesuai panduan lembar kerja yang telah diberikan. Terdapat sepuluh meja yang dilengkapi alat mikroskop. 

Download LK. Pengamatan Sel Biologi

Potongan tipis daun jagung tampak diletakkan di pipet tetes, dan tidak lama kemudian pipet tetes yang telah berisi potongan daun diletakkan di penyangga tepat di depan moncong mikroskop. 

Mereka saling bergantian mengamati lapisan sel daun. Sesekali mereka memotret hasil pengamatan lapisan sel daun menggunakan camera smartphone. 

"Bu, ini gimana?" tanya Karimatul Muhibah di ruang tersebut terdengar dengan lirih. "Sebenarnya sudah betul, tapi ini kurang tepat, ini kan lapisan selnya," jawab guru Biologi  sembari menunjukkan hasil pengamatan di layar smartphone siswa yang konsultasi dengan beliau. 

"Ini sedang mengamati bawang merah, ketela, dan batang ketela. Ini contohnya, hasil pengamatan lapisan daun jagung, lapisannya bertesktur," jawab Handika Yudha Aditama saat ditanya sembari menunjukkan hasil foto pengamatan mikroskop dengan bangga. 

"Saya sedang melakukan penelitian mikroorganisme yang ada di daun jagung. bentuknya itu sangat kecil, ini tidak terlihat, tapi ini terlihat menggunakan mikroskop 10:10 terlihat, ucap Dika, peserta pembelajaran yang berada di meja praktik ujung tuang bagian belakang. "Kita menggunakan lapisan bawang merah bagian bawang yang tipis. ini kita masih meneliti agar mendapatkan dokumentasi jelas," semangat Dika sembari memegangi pipet tipis bersama kelompoknya. 

"Sangat seru dan menarik karena bisa melihat sel dengan dekat dengan menggunakan mikroskop," kesan Karimatul Muhibah usai mengikuti pembelajaran pagi itu. Begitu halnya dengan Siti Fika Tutma Rahayu mengaku senang. "Kita sangat menyenangkan dan bisa lebih mengerti tentang penggunaan mikroskop. Dan dan bisa mengamati tentang beberapa membran sel, Salah satunya adalah daun jagung, bawang merah, dan gabus pada batang ketela," pengakuan Fika.

"Terimakasih semuanya, sampai bertemu pada pertemuan selanjutnya, kedepan kita melakukan pengamatan pada sel hewan," pungkas Sukatri. 

pembelajaran sel

Penulis: Neisya Ramadhani  
Fotografer: Siti Fika Tutma Rahayu
Penyelaras: Humas SMAPA