-->

SMA Negeri 1 Pamotan Mengikuti Workshop Pembuatan dan Teknik Promosi Produk Rempah Kekinian


www.smapamotan.com - Senin 2 Agustus 2021, SMA Negeri 1 Pamotan mengikuti Pelatihan Pembuatan Minuman Rempah dan Promosi Produk Minuman Kekinian. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Program Pasca Sarjana Ketahanan Nasional dengan Pemerintah Kabupaten Rembang khususnya Pemdes Kadiwono kec Bulu. 

Diwakili tiga siswa adalah A'isyah Nurus Salamah (XII IPS 3), Cut Nabielatun Nasiqoh (XII MIPA 3), dan Indah Kumalasari (XII MIPA 3) aktif dalam Workshop Pembuatan dan Teknik Promosi Produk Rempah Kekinian tersebut. Acara dimulai pukul 09:00 wib sampai dengan 11:45 WIB. 

"Disini kami diminta melakukan praktik proses pembuatan jamu rempah kekinian dengan mengikuti instruksi dari UGM," tegas Aisyah peserta workshop. Proses workshop kali ini menggunakan aplikasi zoom untuk delivery learning-nya. Paparan teori, praktik, hingga sesi tanya jawab diikuti dengan lancar oleh para siswa SMAPA. 

baca juga artikel Pesan dan Kesan Peserta

"Dengan adanya kegiatan ini kita dapat mengetahui manfaat dari meminum jamu. Dan kita juga mengetahui tata cara membuat jamu yang benar sesuai langkah-langkah yang telah ditentukan. Saya selaku kepala sekolah merasa senang dengan adanya pelatihan ini," tambah Salamah. "Kami merasa bangga terlibat kegiatan ini, karena kegiatan ini memberi pengalaman baru bagi siswa SMAN 1 Pamotan," pungkas Fatkhur Rozi, S.Pd., M.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Pamotan.  

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah III Jawa Tengah. "Selama pandemi ini anak mengalami kejenuhan belajar secara daring, dengan kegiatan ini kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cabang III Jawa Tengah merasa senang karena anak tidak lagi menjalani kegiatan PJJ yang membosankan tetapi ada unsur yang lain yaitu menambah skill dengan belajar tentang kewirausahaan," semangat Hariyanto, S.E., M.M selaku Kasubag Cabdin III. 

Download materi Ombe Kapulaga

Pascakegiatan, Miftakhul Anwar, S.Pd kebingungan cari kompor karena peralatan utama dilab batiknya dipinjam untuk workshop tersebut. "Mungkin lupa... Utk koordinasi /pinjam  Pak Anwar 🤔🤔🤔,"  tangkas Teguh Widodo, S.Pd. 

Penulis: Aisyah Nurul Salamah  dan Indah Kumalasari
Fotografer: Cut Nabielatun Nasiqoh
Penata Workshop: Satrio Budi 
Guru Pendamping: Cahyo Purnomo, S.Pd, Drs. Didik Pudianto, dan Nurrohman, S.Pd 
Penanggungjawab: Fatkhur Rozi, Spd., M.Kom