-->

Kirim Produk Pembelajaran Pasar Tradisional

www.smapamotan.com - Kirim Produk, Berikut ini merupakan link googleform yang digunakan untuk mengirim produk pembelajaran materi perubahan sosial dengan kasus pengamatan Pasar Tradisional. 

https://forms.gle/qCZxpViKmeHhXUJu5

Syarat mengirim produk pembelajaran: 

1. Telah melakukan pengamatan di pasar tradisional pada tempat tinggal kalian atau pada pasar terdekat. 

2. Telah menyusun artikel di blog dan telah melakukan bimbingan pada guru mapel. 

3. Telah menyusun sinematik pasar tradisional dan telah melakukan bimbingan. 

4. Setiap anggota kelompok mengunggah artikel di blog masing-masing dan video di channel YouTube masing-masing. 

5. Siswa yang telah mengisi link pengiriman produk pembelajaran, diwajibkan menscreenshoot sebagai bukti pengiriman. 

6. Jika terdapat dan mengalami kendala dalam proses pengiriman, segera hubungi guru mapel. 

Link pengiriman: https://forms.gle/qCZxpViKmeHhXUJu5

Jurus Sukses Menyusun Artikel Pengamatan di Blog

Dalam sudut pengamatan, menulis dalam arti sederhana adalah menceritakan peristiwa yang pernah diamati dalam bentuk tulisan. Jadi, syarat menulis hasil pengamatan adalah melakukan pengamatan terlebih dahulu. Jika syarat ini sudah dilakukan, dijamin mudah dalam menulis. 

Walaupun demikian, masih saja terjadi kendala saat menyusun tulisan hasil pengamatan. Entah masalah lupa waktu, lupa suasana, lupa bertemu siapa, lupa apa saja yang diamati, lupa memfoto, lupa nama yang difoto, lupa foto detailnya, hingga kelupaan ingin menulis apa. Hal tersebut cukup wajar untuk para penulis pemula. Untuk mensiasati kendala lupa, alangkah baiknya, kalian membuat catatan pengamatan berdasar waktu, tempat, dan suasana. Namun jika kalian sudah melakukan pengamatan tetapi sudah terlanjur tidak melakukan pencatatan tersebut di atas, maka yang perlu kalian lakukan adalah mencoba merenung sejenak, mengehentikan semua kegiatan, dan mencoba mengingat sedikit demi sedikit tentang hal apa yang sudah kalian lakukan, kalian amati, dan yang kalian pikirkan. Jika sudah ingat sedikit demi sedikit, segera membuat alur penulisan berdasarkan urutan waktu, tempat, dan suasana. 

Alur urutan waktu, tempat, dan suasana merupakan salah satu cara dalam menceritakan ulang tentang apa yang kalian amati. Sekali lagi, ini hanya salah satu cara, dan masih banyak cara yang lain. 

Suatu ketika kalian melakukan pengamatan di pasar tradisional. Berikut ini merupakan alur tulisan hasil pengamatan yang berangkat dari alur waktu, tempat, dan suasananya. 

1. Ceritakan pengalaman pengamatan kalian di pasar tradisional mulai berangkat dari rumah sampai kembali ke rumah lagi. 

2. Atur sedemikian rupa alur tulisan, seolah-olah pembaca ikut mengalami pengamatan yang kalian lakukan. 

3. Buatlah coretan di atas kertas yang isinya alur pengamatan dari awal sampai akhir.

4. Kembangkan tiap-tiap alur pengamatan dengan mengahdirkan waktu, tempat, suasana, siapa saja yang terlibat, objek yang diamati, kondisi objek, fungi objek yang diamati, dan jika perlu lengkapi foto untuk bukti dari deskripsi yang kalian buat. 

5. Setiap menceritakan objek yang kalian amati, sebaiknya  fokuskan pada fungsi objek. 

6. Hindari deskripsi yang merendahkan seseorang. Misal saat mendeskripsikan objek tempat sampah, jangan sampai menyudutkan kesalahan orang yang ada di pasar. 

7. Setiap deskripsi objek yang kalian amati, sebisa mungkin, terdapat deskripsi hubungan antara objek satu dengan objek lainnya. 

baca juga artikel *Persoalan Sampah Pasar

8. Setelah data pengamatan kalian tulis, langkah selanjutnya adalah mengolah data dengan menggunakan tiga kategorisasi, yaitu kategori objek pasar yang kumuh, objek pasar yang tidak nyaman, dan kategorisasi temuan unik. 

9. Setelah data diolah, segera deskripsikan hasil olah data dengan tetap mengedepankan pemuliaan semua orang yang ada di pasar. Jika kalian menggunakan pendekatan sebab akibat, maka gunakan kalimat yang tidak menyakiti seseorang atau kelompok. 

10. Pada bagian akhir tulisan, usahakan untuk mengajak warga pasar tradisional untuk mewujudkan pasar yang baik dan nyaman. 

11. Setelah kalian mencoba menulis hasil pengamatan, segera konsultasikan kepada guru mapel kalian. 


Penulis : Suhadi

Penyelaras: Mulyono Sukoco