-->

Testinomi Peserta Studi Gerabah Balongan - Edisi Learning Tour

www.smapamotan.com - Testimoni Gerabah Balongan, berikut ini merupakan testimoni peserta studi Gerabah Balongan, tepatnya oleh para siswa SMA Negeri 1 Pamotan kepada para perajin Gerabah Balongan. 

baca juga artikel Pesan dan Kesan Peserta Studi Gerabah Balongan - Edisi Learning Tour


Sofiyah
, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas XI IPS 2, Peserta Studi Gerabah. Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru yang telah mendampingi dalam kegiatan ini. Dan berterima kasih kepada masyarakat balongmulyo yang telah mau kami kunjungi dan kita juga disambut dengan baik warga nya juga ramah ramah. Setelah melihat aktivitas masyarakat di desa balongmulyo, banyak sekali warga yang membuat kerajinan gerabah,tetapi harga gerabah dijual dengan harga sangat murah tidak sebanding dengan kerja keras mereka membuatnya. Pesan saya semoga harga gerabah bisa dipatok dengan harga yang sesuai sehingga menguntungkan bagi yang membuat juga yang menjualkannya.dan sebanding dengan kerja kerasnya. Setelah melihat aktivitas masyarakat sekitar, Masyarakat memiliki semangat yang luar biasa dalam meneruskan peninggalan nenek moyang walaupun nilai harganya tidak terlalu tinggi. Kita disana juga disambut dengan baik,orang orangnya sangat ramah.


Sela Avia Nur Wahidah
, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas XI IPS 4, Peserta Studi Gerabah. Saya berharap generasi muda juga bisa melestarikan pembuatan gerabah agar tidak pudar di masa-masa yang akan datang. Bagi saya pribadi sangat senang bisa memperhatikan secara langsung proses pembuatan gerabah dari mulai awal sampai akhir pembuatan. 

Aftiyani Saniyah, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan XI IPS 5. Saya setelah mengikuti learning tour perasaan bahagia karena bisa belajar bareng bersama teman-teman dan bisa belajar sambil liburan, karena waktu pandemi sudah lama belum liburan dan sekarang bisa liburan sambil belajar bersama teman-teman.


Ahmat Junaedi
, Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 4, peserta studi gerabah balongan. Saya sangat puas atas diadakannya Lining tour dan tempatnya yang tepat membuat saya jadi senang,dipantai Balongan banyak terdapat pedagang makanan yang bisa saya beli dagangannya saat saya lapar,pemandangannya juga indah dan disertai angin yang sejuk.dan saya bisa melihat cara pembuatan gerabah serta tehnik"nya.

Kumaidah, siswa SMA Negeri 1 Pamotan  Kelas XI IPS, Kesan yang kami dapatkan selama kami mengikuti kegiatan learning tour banyak sekali. Kami merasa senang karena kami bisa mengikuti kegiatan learning tour bersama teman – teman dan guru. Selain itu kami juga mendapatkan banyak sekali ilmu baru seperti mengetahui apa itu gerabah , gimana proses pembuatan gerabah ,alat apa saja yang digunakan untuk membuat gerabah dll . Kami juga mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan pernah kami lupakan. Kegiatan learning tour sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk Menyegarkan Pikiran saat  Kegiatan Belajar Mengajar sedang berlangsung. Selain itu Kegiatan learning tour juga berguna untuk menambah wawasan . Dari Situlah kami ingin meninggalkan beberapa pesan yaitu ,Guru pendamping lebih mengawasi siswa-siswanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

baca juga artikel Panduan Studi Gerabah Balongan

Badrotul Muniroh, siswa SMA N 1 Pamotan Kelas XI IPS 2, Alhamdulillah akhirnya acara learning tour berakhir dengan baik dan lancar.Dari kegiatan learning tour ini dan meneliti kerajinan gerabah akhrinya saya tau cara membuat kerajinan gerabah itu bagaimana dan bentuknya seperti apa saja.Saya senang juga bisa berjalan² dipantai balongan menikmati keindahan pantai bersama teman².Terimakasih.

Niswatin Afifah, siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas X1 IPS 4, Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping karena telah mendampingi kami dalam learning tour ini,inipengalaman pertama saya dan teman-teman saya.KESAN: setelah saya mengikuti learning tour ini saya mengetahui sejarah dan informasi gerabah yang berada di desa balongmulyo,dan para pembuat gerabah.PESAN: Semoga produk gerabah yang ada di desa balongmulyo semakin jaya, sukses,dan di keanal banyak orang.


Faizatul Fitriyah
, siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas X1 IPS 2, saya mendapatkan pengalaman baru dan mendambah wawasan lebih luas serta mendapatkan ilmu bermanfaat. Semoga penjualan gerabah bisa terkenal mendunia. 


Aulia Sekar Wulandari
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 1. Kami dapatkan selama mengikuti learning tour banyak sekali.Kami merasa senang karena kami bisa mengikuti learning tour bersama teman – teman dan guru.Selain itu kami juga mendapatkan banyak sekali ilmu & pengalaman baru juga kenangan yang tidak akan pernah terlupakan.Waktu yang diberikan saat di pantai harap lebih diperlama agar siswa dapat lebih puas berkeliling & menikmati objek.


Robi'ul Ana, siswa SMA N 1 Pamotan, kelas XI IPS 4. Alhamdulilah seneng bgt karna bisa berwisata sambil belajar,bersama semua teman².mendapatkan banyak sekali pelajaran yang diperoleh dari leaning tour,mendapat pengalaman yang seru,mendapat ilmu cara membuat gerabah,cara bersosialisasi dengan masyarakat yg baik,dll. Trimakasih 🙏 wassalamu'alaikum 🙏😊 

Ainiyatur Rohmah
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas Xl IPS 2,  Alhamdulillah learning tour kemarin berjalan dengan lancar..semoga ilmu-ilmu baru&pengalaman baru yang semoga dapat bermanfaat bagi kita semuanya.  Semoga dapat dilestarikan sampai anak cucu kita nanti agar dapat mengerti kerajinan gerabah tersebut.


Moh Qowimul Haq
, kelas: XI IPS 1, Saya  yang bisa di dapat adalah kebersamaan dan kecerian bersama teman teman, juga nikmatnya berada dalam suasana alam sambil belajar.Pesan guru pendamping lebih mengawasi siswa siswanya agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan, dan waktu yang di berikan pada tiap tempat harap lebih diperlama agar siswa lebih puas berkeliling objek.+


Liana Wulan Agustin
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas Kelas XI IPS 2. Kita bisa mengetahui hal baru dengan kegiatan belajar yang sangat menyenangkan karena belajar sambil wisata sedangkan untuk pesannya kegiatan belajar di luar sekolah kita tetap harus menjaga nama baik sekolah dengan kita harus menjaga omongan kita dan harus tetap sopan & santun, terima kasih.


Dwi Cahyoningrum
. siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2. Saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan learning tour kemarin.Kegiatan kemarin mengajarkan saya banyak hal,dan saya mendapatkan banyak  ilmu,pengalaman dan pengetahuan.Salah satu ilmu yg saya dapatkan yaitu bagaimana cara membuat gerabah,bahan" nya apa saja,barang" yg dihasilkan apa saja dan masih banyak lainnya.Dan kegiatan kemarin juga saya dilatih  untuk bekerja sama dan kekompakan dalam berkelompok.Pesan:Sebaiknya pemerintah juga berperan aktif dalam memajukan dan mengembangkan kerajinan gerabah di balongan supaya tetap bertahan.


Indah Mujiati
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 4. Sarana pembelajaran seperti ini sangat bagus selain siswa bisa menambah pengetahuan dengan melihat langsung cara pembuatan gerabah hal ini juga bisa membuat siswa lebih rileks dan tidak membuat siswa jenuh karena diselingi dengan berwisata juga walaupun hanya sebentar. 


Amelia Tri Amanda
, siswa SMA N 1 Pamotan, kelas XI IPS 2. Setelah saya mengikuti kegiatan learning tour saya mendapatkan pengetahuan dan informasi cara membuat gerabah, seperti cowek misalnya.

Dina Fitriyanti, siswa SMA N 1 Pamotan kelas Xl IPS 4. Saya rasakan senang sekali karena menambah wawasan  Dan pesan saya selalu memperkenalkan kerajinan gerabah agar sampai di go international. 

Siti Ulul Hidayah, Perasaan Kita setelah study tour bahagia ,Karena pengetahuan kita menjadi lebis luas dan dapat mengenal lebih banyak kebudayaan atau peninggalan bersejarah.


Dita Aurelia Putri
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas  XI IPS 4. Dari pengrajin gerabah kita bisa simpulkan bahwa menjaga dan melestarikan budaya dan ciri khas kita  itu  sangat penting bagi generasi muda yang perlu tau wawasan atau sejarah pada zaman dahulu. Para pengrajin gerabah memiliki semangat yg tinggi untuk membuat kerajinan gerabah, dan tidak putus asa dengan gerabah yg terbuat dari bahan plastik. Dan masih  membuat sampai sekarang. 

Siska Kartika Sari시스 카, XI IPS 3. Ini adalah tugas yang menyenangkan tapi juga membuat tertekan dan akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagiku. Dan semoga adik kelas akan ada yang seperti ini. Tapi yang paling menyenangkam adalah Berwisata.


+62 821-3328-7475
, Kesan yang saya dapatkan selama saya mengikuti kegiatan learning tour kemarin sangat banyak. Saya merasa senang karena bisa mengikuti learning tour bersama teman-teman dan guru.selain itu saya juga mendapat banyak ilmu baru,pengalaman baru yang tidak akan pernah saya lupakan. Pesan learning tour kemarin sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk menyegarkan pikiran dan kejenuhan,learning tour kemarin juga dapat menambah wawasan peserta didik.untuk itu pesan saya adalah waktu yang diberikan pada tiap tempat harap lebih di perlama, agar siswa dapat lebih puas berkeliling objek.


Anggi Eka Wati,  siwa SMA N 1 Pamtan Kelas Xl IPS 1. Kesan yang saya dapatkan selama kegiatan Learning Tour banyak sekali. Saya merasa senang, Karna saya bisa mengikuti kegiatan learning tour bersama teman-teman dan guru. Selain itu, saya juga mendapatkan berbagai pengetahuan tentang cara pembuatan gerabah. Saya juga mendapatkan Pengalaman baru yang tidak akan saya lupakan . Pesan dari kegiatan learning tour kemarin,  sebaiknya para guru pendamping lebih mengawasi siswa-siswanya, karena agar tidak terjadi  apa yang tidak di inginkan. 

Charisma Aulia Rohmah
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas Xl IPS 3. Berkunjungnya saya di desa balongan sangat memberikan kesan positif bagi saya.Saya dapat melihat proses pembuatan gerabah secara langsung sehingga dapat menambah pengalaman dan wawasan.Selain dapat melihat proses pembuatan gerabah secara langsung saya juga menikmati keindahan pantai balongan yang sangat sejuk.Pesan dari berkunjungnya saya kesana yaitu kita sebagai generasi muda harus terus melestarikan budaya supaya tidak cepat punah.

Meilinda Dwi C. Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 3. Pesan dan kesan saya setelah learning tour:kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih  luas lebih bisa mengenal berbagai macam kerajinan yang di buat dari tanah. Kita bisa mendapatkan kebersamaan dan kecerian bersama teman teman,juga nikmatnya  berada dalam suasana alam sambil belajar.

Anisa Rachmatul Inaya. Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 4. Pembelajaran seperti ini sangat bagus untuk siswa agar siswa tidak bosan saat mendengar penjelasan,hal ini juga bisa menambah pengalaman siswa saat melihat langsung teknik cara pembuatan gerabah. 

Ira Adi Nia. Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 4. Terimakasih semua anggota SMA negeri 1 Pamotan . Teman baru sampai bapak ibu guru baru yang sabar dalam mengajar kami . Terimakasih panduan learning tour di Balong Mulyo pada hari Selasa 23 November 2021. Kegiatan learning tour kemarin sangat memotivasi sekali dengan adanya si pembuat gerabah yang sangat ramah sekali saat di wawancarai. 

Pembelajaran seperti ini sangat bagus untuk siswa agar siswa tidak bosan saat mendengar penjelasan, Hal ini juga bisa menambah pengalaman siswa saat melihat langsung teknik cara pembuatan gerabah 

Sabdatul Umah
. Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 1. Merasa sangat senang dan bergembira karena saya dapat berkunjung ditempat wisata bareng teman teman banyak,tempatnya bagus orang''nya ramah,selain berwisata juga dapat belajar tentang gerabah,serta wawancara dan mempraktekan langsung membuat gerabah dengan warga desa balongmulyo. Terimakasi bapak ibu guru yang telah menyelengarakan learning tour karena kita dapat belajar outdoor sekaligus berwisata. 

Sumber: Testimoni ini dikumpulkan dari kiriman wa peserta.