-->

Cerita Penelitian Kami Tentang Pahlawan Lasem - Bagian 1


Tanggal 28 Juli 2023, Saya mendapatkan informasi dari Bapak Bayu (selaku guru Sejarah) bahwa akan diadakan lomba essay sejarah dari Unnes untuk memeriahkan bulan Pahlawan. Saya diberikan kepercayaan dari sekolah untuk melakukan/membuat essay sejarah untuk lomba ini. Hari selanjutnya saya dan beberapa teman lainnya di briefing /diberikan arahan untuk lomba yang akan kami ikuti. 

Di lain hari, saya kembali diberikan arahan untuk tema apa yang akan diambil dan menentukan narasumber serta siapa saja yang akan ditemui. Keputusan dari pertemuan ini adalah kami akan mewawancarai Bapak Matoya dari Warugunung. Selaku tokoh sejarahwan Lasem dan Bapak Edi Winarno dari desa Pereng dengan tema Raden Panji Margono. 

baca juga artikel Batik Habis Gelap Terbitlah Terang

Kami melakukan wawancarai dengan bapak Matoya. Perjalanan wawancara ini dimulai dari kami datang ke rumah Pak Anwar (guru Seni budaya) dikarenakan Bapak Matoya akan datang kesana untuk mengambil rumput. Sesampainya di sana, kami berbincang-bincang memperkenalkan diri sekaligus menyampaikan maksud tujuan kedatangan kami. Kemudian kami melakukan perbincangan mengenai Sejarah dari tokoh Raden Panji Margono (tokoh perjuangan masyarakat Lasem) dengan didampingi Pak Anwar dan salah satu teman saya yang bernama Wahyu Diana. 

Awal perbincangan kami dimulai dengan kami memberitahu bapak Matoya bahwa kami akan mengikuti kegiatan lomba yang akan diselenggarakan di Unnes. Di Sana kami menyampaikan maksud dan tujuan kami mewawancarai bapak Matoya. 

Bersambung ..... Cerita Penelitian Kami Part Dua

Penulis adalah Diyah Evita Sari 
Editor adalah Bayu Setyo Nugroho, S.Pd
Fotografer adalah Bayu Setyo Nugroho, S.Pd