-->

Melalui P5 Tahap 3, SMA N 1 Pamotan Memberi Alternatif Gaya Hidup Berkelanjutan Para Siswanya di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Ingin Tahu Seperti Apa?


Hari ini (08/05) SMA Negeri 1 Pamotan melangsungkan Program P5 Tahap 3 dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Dalam Pembukaan Kegiatan P5 tahap 3 ini, Kepala SMA Negeri 1 Pamotan menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun open minset Siswa tentang Gaya Hidup Berkelanjutan di sekolah dan di tempat tinggal siswa. 

"Informasi yang kami terima, kegiatan P5 Tahap 3 ini sangat luar biasa, karena para siswa akan didampingi membuat produk charcoal dan moulding briket beserta kemasan dan labeling produknya," tegas Soepartono, M.Pd. 

Menurut Koordinator Program P5 SMA Negeri 1 Pamotan, Nur Rohman, S.Kom mengabarkan, target tujuan pembelajaran pada kali ini ada enam. Pertama, open minset Siswa tentang Gaya Hidup berkelanjutan di sekolah dan di tempat tinggal siswa. Kedua, Memahami fungsi instalasi dan memanfaatkan untuk membentuk jiwa wirausaha siswa. Ketiga, Membentuk Budaya Positif di kelas dan sekolah. Kelima, Kerjasama tim dan gotong royong. Dan Keenam adalah Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Cloud Learning. Berikut ini adalah kegiatan pembukaan P5 tahap 3. 

Kegiatan P5 Tahap 3 ini akan dilangsungkan dengan metode sistem block. Ari Setyanti, S.Pd selaku Waka Kurikulum menuturkan kegiatan Gaya Hidup Berkelanjutan ini akan dilangsungkan selama 13 hari. "Karena kegiatan kali ini cukup kompleks yang melibatkan pengetahuan dan keterampilan serta daya dukung infrasutruktur dan fasilitator, dimungkinkan membutuhkan waktu  lebih dari 13 hari," tangkas Ari. 

Keterangan: Ari Setyaningsih, S.Pd selaku Waka Kurikulum didampingi Aris Susanto, S.Pd dan Nur Rohman, S.Kom saat mengabarkan target tujuan pembelajaran (Fotografer, Puguh Cahyo, S.Pd)

Berdasarkan jadwal IKM P5 Tahap 3 yang dilucurkan Trisno Wibowo dalam group wa Guru IKM, tampak terlihat kegiatan siswa cukup padat dan berisi. Berikut ini adalah rangkuman inti materi yang akan diberikan siswa dalam P5 Tahap 3. 

  1. Intruduction "Gaya Hidup Berkelanjutan"  (GHB)
  2. Optimalisasi Pembangunan Instalasi " Integrasi Reaktor Mikrobatik dengan metode Charcoaling dan Kondensasi"
  3. Pengumpulan Bahan Nutrisi dan klustering sesuai kelompok
  4. Study Literatur tentang Mikroba, Charcoaling dan Kondensasi
  5. Observasi dan pencatatan perkembangan nutrisi (dilakukan setiap hari)
  6. Mikrobatik Gerneratif dan Vegetatif 
  7. Diskusi Kelompok Persiapan Charcoaling dan Kondensasi
  8. Persiapan Bahan Charcoal dan Kondensasi
  9. Laporan hasil persiapan bahan Charcoal dan Kondensasi
  10. Identifikasi dan pengumpulan bahan organik untuk Charcoal (dilakukan berulang kali)
  11. Pengumpulan bahan Organik untuk Charcoal dan Liquidsmoke
  12. Meracik Bahan untuk Liquidsmoke (rempah & melati)
  13. Observasi dan pencatatan perkembangan nutrisi
  14. Produksi Charcoal  dan moulding Briket
  15. Produksi Liquidsmoke
  16. Produksi Briket beraroma
  17. Produksi Kemasan dan labeling
  18. Pembuatan Laporan
Kunjungi juga link Asesmen Diagnostik

Jurnalis: Humas SMAPA
Penyelaras: Admin Website SMAPA
Fotografer: Puguh Cahyo, S.Pd