-->

Podcast Pertamaku, Dag Dig Dig Ser


Halo Semuanya Selamat Datang Dan Kembali lagi bersama saya Neisya Ramadhani dari SMA Negeri 1 Pamotan.

Banyak sekali pertanyaan yang muncul dari beberapa teman-teman saya, Mulai dari apa yang saya lakukan di Studio SMAPA, Bersama siapa saya di sana , ada kepentingan apa saya bisanya dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari teman-teman saya.

Dan kali ini saya akan menceritakan semuanya di sini.

Rasa dag dig dug serrr tubuh terasa panasss takut dan lain Sebagainya itu merupakan perasaan yang saya alami saat menjadi presenter di acara podcast Smapa.

Diawali dengan Pak Suhadi yang Memberitahu kita bahwa kita akan bertemu dengan SMA Negeri 1 Gebog dengan acara studi banding dan kita merupakan presenter dari acara tersebut.

Mencoba berlatih dengan Pak Anwar ,Pak Bayu, serta Pak Suhadi dan rekan-rekan saya yang ada di sana. Kita awali latihan tersebut dengan tema seni musik. apa itu seni musik? Bagaimana perkembangan seni musik dari zaman ke zaman?, terus ada juga Kita juga membahas lagu-lagu dari Dewa 19 yang di mana memiliki karya sastra dalam setiap makna lagunya.

Awal yang baik untuk saya sebagai presenter baru di Studio SMAPA. rasa takut untuk mencoba hal baru takut salah omong takut dalam menjawab ataupun merespon apa yang telah narasumber bicarakan sangat melekat di dalam hati serta pikiran saya yang di mana itu menjadi tantangan buat saya sebagai presenter baru.

Ada dari berbagai kelas XI-3, XI-7, dan XI-6. kita di sana benar-benar sangat berlatih bekerja keras atau kata Pak Suhadi kita kerja rodi HAHAHAHHA

Setelah latihan itu selesai kita Diminta oleh Pak Suhadi untuk menjadi presenter yang akan kita lakukan esok hari untuk menyambut bapak ibu guru dari SMA NEGERI 1 GEBOG.

Dimulai menyusun Script ,mencari Referensi berbagai sumber, menonton video-video podcast yang telah dilakukan sama kakak kelas kita di channel YouTube SMA N 1 PAMOTAN dan banyak lagi yang telah kita lakukan agar menjadi presenter yang baik.

Setelah istirahat sejenak, akhirnya kita memutuskan untuk melakukan podcast secara live tapi privat.

Benar-benar sangat menjadi tantangan untuk kita semua sebagai siswa yang dari dulu hanya berbicara kepada teman sekelasnya tidak kepada masyarakat luas tapi kali ini kita berbicara kepada seluruh orang yang ada di dunia ini.

Banyak yang perlu kita garis bawahi , yang perlu kita ubah ,latih , dan masih banyak yang lainnya yang harus kita perbaiki.

Dikarenakan hari sudah petang akhirnya kita memutuskan untuk pulang dan berlanjut dengan rapat Google Meet. di sana ada tamu spesial kita yaitu Mbak Hima dan Mbak Niswa, mereka adalah kakak kelas kita yang di mana waktu itu sudah menjadi presenter di studio SMAPA.

Mereka sangat senang memberikan ilmunya kepada kita yang baru saja dibilang dadakan banget sebagai presenter. banyak sekali pelajaran yang saya dapat dari hasil Google Meet malam itu.

Bagaimana cara menjadi presenter yang baik, Bagaimana cara agar kita tidak belepotan saat berbicara di depan publik, bagaimana saat kita menghadapi narasumber yang tidak suka akan perbincangan yang sedang kita bicarakan, serta masih banyak lagi yang lain yang perlu kita ubah terus melatih dan yang terpenting itu sangat menjadi tantangan sekali buat kita.

Keesokan harinya di mana Hari yang menegangkan buat kita, kita sangat-sangat takut, deg degan dan lain sebagainya perasaan tercampur menjadi satu.

Satu jam sebelum acara kita melakukan latihan terlebih dahulu. Bagaimana cara saat narasumber berbicara seperti ini kita harus merespon seperti apa? Bagaimana opening yang baik itu seperti apa?, Bagaimana saat waktu Hening itu terjadi kita harus bagaimana ? Dan masih banyak lainnya yang kita perlu maksimalkan sebelum acara di mulai.

Dibilang agak molor dikarenakan perjalanan dari SMA N 1 GEBOG menuju SMA N 1 PAMOTAN macet. Mohon maklum dikarenakan ada perbaikan jalan. Tapi tidak apa-apa karena kita bisa latihan sedikit banyak dan apa yang perlu dikoreksi dapat kita koreksi HEHEHEHEHE

Akhirnya tamu spesial yang kita tunggu-tunggu datang juga , tapi mereka tidak melangsungkan acara tetapi mereka izin untuk salat terlebih dahulu. WAADUUU JIWA INI SEMAKIN BERGETAR MEMBARA DAN LAIN SEBAGAINYA HUAAAAA TAKUTTTTTT

Yang lebih takutnya lagi, ternyata ada dua kepala sekolah dari 2 SMA yang berbeda. MAKINN TAKUTTTT HUAAAA

Setelah sedikit banyak berbincang akhirnya kita memutuskan untuk melangsungkan acara . PODCAST PUN DIMULAI

Tema dari acara podcast kali ini adalah sekolah digital. Cukup menegangkan dari mulai temanya dikarenakan kita belum terlalu mengenal akan adanya teknologi tapi karena adanya P5 yang telah kita lakukan dengan beberapa aplikasi yang telah kita gunakan ,kita juga lebih tahu apa maksud dari materi yang dibahas.

Perkenalan terlebih dahulu itu sangat penting karena kita dapat menjalin silaturahmi antara satu sama lain, bapak ibu guru dari SMA N 1 GEBOG juga sangat ramah bertemu dengan kita semua.

Perbincangan dari berbagai pertanyaan yang muncul dari presenter maupun narasumber menjadi diskusi bagi kita semuanya, kita juga mengenalkan aplikasi yang telah kita gunakan saat P5 kemarin yaitu merupakan aplikasi Notion.

Aplikasi itu sangat berguna sekali untuk kita terutama generasi muda , menyediakan platfrom all-in-one mengatur, mengelola, dan berkolaborasi dengan tim. Notion juga memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen, database, halaman web, jadwal, tugas, dan banyak lagi dalam satu tempat yang terorganisir dengan baik. Di Notion juga terdapat Ai, yang dapat sekali memudahkan kita dalam membantu menulis catatan dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Setelah itu, kita juga bercerita mengenai cara menjadi presenter yang baik di acara podcast walaupun secara garis besar kita masih benar-benar baru dalam menjadi presenter. Alat dan bahan yang dibutuhkan dan yang harus ada di Sudio. Kendala yang terjadi saat studio ini dimulai. beberapa itu adalah pertanyaan dari narasumber yang di mana kurang lebih dijawab oleh Pak Suhadi karena lebih tahu menahu akan Studio SMAPA.

Tidak terasa waktu begitu cepat mempertemukan kita dan mengobrol lebih banyak akan adanya sekolah digital. di podcast pun saya tutup dengan rasa gugup panik dan banyak sekali campurrr apapun itu yang saya rasakan. Dan itu mohon dimaklumi karena kita juga merupakan presenter yang benar-benar baru dalam dunia Studio.

Kita berpamitan dan berswafoto bersama untuk kenang-kenangan dan tetap menjalin silaturrahmi bersama. Semoga kita jua bisa berkunjung ke SMA N 1 GEBOG dengan keadaan adanya sekolah digital yang sudah tercapai.

Disini saya Neisya Ramadhani sangat berterima kasih kepada Pak Suhadi, dan bapak ibu yang lainnya yang telah memberikan saya kesempatan dalam Acara Podcast di Studio SMAPA. Maaf jika masih banyak salah kata maupun perbuatan yang saya perbuat.

Saya pamit undur diri, dan semoga kita dapat bertemu lagi di acara Podcast selanjutnya.

Terima Kasih