-->

Pramuka SMA Negeri 1 Pamotan Membuat Pupuk Biosaka


Bertempat di SMA N 1 Pamotan, pada hari Jumat, 03 Maret 2023 dilaksanakan kegiatan pembuatan BIOSAKA. Kegiatan ini dihadiri oleh Saka Taruna Bumi yang di Dinas Pertanian.

Penggunaan pupuk kimia sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sehingga menghasilkan peningkatan produksi. BIOSAKA sebagai salah satu inovasi dalam menekan penggunaan pupuk kimia bagi tanaman sangat mendukung pengurangan penggunaan pupuk kimia.

BIOSAKA merupakan salah satu inovasi dalam pembuatan pupuk organik dari bahan rerumputan yang sudah diaplikasikan di beberapa daerah dengan hasil yang significant untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Keterangan: Dinas Pertanian Kabupaten Rembang sedang mendapingi Pramuka SMA Negeri 1 Pamotan dalam membuat pupuk Biosaka [Fotografer Aries.S.SP.d, 03 Maret 2023]

Biosaka adalah bahan dari larutan tumbuhan atau rerumputan yang diketahui mampu melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit dan mampu menekan penggunaan pupuk mencapai 50-90 persen. 

Biosaka terdiri dari suku kata Bio dan Saka, Bio singkatan dari Biologi, dan Saka singkatan dari Soko Alam Kembali Ke Alam atau dari Alam Kembali ke Alam adalah inovasi yang telah dikembangkan oleh petani dari bahan baru-terbarukan yang tersedia melimpah di alam.

"Anak-anak mengumpulkan bahan-bahan yang ada di alam, yang dibawa berbagai macam tumbuhan berdaun hijau dan berdaun hijau kemudian direndam dan diperas saring," ungkap Aries. 

Keterangan: Suasana penyampaian materi pembuatan pupuk biosaka oleh nara sumber Dinas Pertanian Kabupaten Rembang di Ruang Literasi SMA Negeri 1 Pamotan, [Fotografer Aries.S.SP.d, 03 Maret 2023]

Tanaman elisitor adalah suatu tanaman yang mengandung senyawa kimia yang dapat memicu respon fisiologi, morfologi dan akumulasi fitoaleksin, meningkatkan aktivasi dan ekspresi gen yang terkait dengan biosintesis metabolit sekunder. Elisitor dapat menginduksi resistensi tumbuhan.

Istilah ini diperkenalkan oleh Prof. Robert Manurung ahli ITB setelah mendapatkan informasi terkait penggunaan bahan Biosaka hasil temuan M. Anshar dari Blitar.  Seperti diketahui Biosaka sebelumnya dikira semacam hormone atau katalisator yang mampu mengurangi penggunaan pupuk dan mampu melindungi tanaman dari serangan hama penyakit. 

Penulis adalah Aries.S.SP.d, Guru TIK dan Pembina Pramuka di SMA Negeri 1 Pamotan

Berkas foto kegiatan, silahkan DOWNLOAD.

TEKNIK MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR
https://www.smapamotan.com/2022/09/teknik-membuat-pupuk-organik-cair.html
MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR
https://www.smapamotan.com/2022/09/membuat-poc.html
MEMBAWA MEDIA TANAM UNTUK BELAJAR MEMBUAT PUPUK ORGANIK
https://www.smapamotan.com/2022/09/media-tanam.html
Menjalin Kerjasama Mewujudkan Manfaat Kebun Obat dan Tanaman Pangan di SMA Negeri 1 Pamotan
https://www.smapamotan.com/2022/12/suasana-kebun-obat-dan-tanaman-pangan.html